Breaking News
Loading...
Sabtu, 02 Oktober 2010

BPOM Siapkan Sistem Peringatan Keamanan Pangan

Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyiapkan sistem peringatan dini keamanan pangan nasional yang terhubung dengan jaringan sistem serupa di ASEAN dan negara-negara di kawasan lain.

"Kita mengembangkan di tingkat internal dulu sistem untuk kasih peringatan kepadanegara tentang produk yang tidak memenuhi persyaratan standard nasional di Indonesia dan standard internasional dalam Codex. Pertama di tingkat ASEAN, selanjutnya ke kawasan lain seperti Uni Eropa," kata Kepala BPOM Kustantinah usai menghadiri pembukaan seminar tentang pengawasan keamanan pangan di Jakarta, Selasa.

Pemerintah berharap pembangunan sistem peringatan dini keamanan pangan nasional yang terhubung dengan jejaring sistem serupa di negara lain tersebut dapat mempercepat penyebaran informasi terkait keamanan pangan sehingga pemangku kepentingan terkait bisa segera mengambil tindakan antisipasi terkait peredaran produk pangan yang tidak aman.


"Misalnya ada suatu masalah dengan makanan buatan negara tertentu di Indonesia, akan disampaikan peringatan dini tentang pangan yang bermasalah, kita kasih peringatan dan bilang tolong dilakukan langkah-langkah yang diperlukan," katanya

Ia menjelaskan BPOM mendapat bantuan dari Uni Eropa untuk mengembangkan sistem peringatan dini keamanan produk pangan tersebut.

Menurut Delegasi Uni Eropa di Indonesia Walter van Hattum pihaknya menyediakan bantuan teknis untuk memperkuat kapasitas manajemen risiko untuk pengamanan pangan melalui pengembangan sistem peringatan dini keamanan pangan.

"Termasuk diantaranya pemberian pelatihan bagi inspektur pengawasan pangan," tambah Kustantinah.

Mekanisme peringatan keamanan pangan tersebut dirancang untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi keamanan pangan dari hasil pengawasan pangan di perbatasan dan pasar domestik serta untuk mendesain dan menerapkan model pengawasan yang dapat mencegah masuknya produk pangan yang tidak aman ke pasar Indonesia.(M035/A024)


--------------------------------------oOo--------------------------------------

We are provides a reagent (chemical solution) or test kit for rapid analysis of certain materials including Formalin Test Kit, Methanil Yellow Test Kit, Borax (Boraks) Test Kit, Rhodamine B Test Kit, and many others kind of food security test kit. Our product merck is "Easy Test Kit" and we have produce and distribute this products in 2009 and there is many customers have been used our products. More info and order contact please call us at +6285310135381 or +6285779721597 or email at easy4test@gmail.com or easy4test@yahoo.com. A lot of information about Easy Test Kit Product can you read detail at Easy Test Kit Website OR Test Kit Shop and a lot of information on the use of hazardous banned additives in Indonesia can read details on THIS LINK.


Tag: food safety info, health important tips, food additives news, food science info, food technology update, science research result, food adulterants info, dangerous additives news

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer